MEMPERTAHANKAN DISIPLIN YANG EFEKTIF
MACAM DISIPLIN
•
DISIPLIN
PREVENTIF : Bentuk disiplin yang dipatuhi, dimana peraturan-peraturan
dilaksanakan dengan sukarela
•
DISIPLIN
KOREKTIF : Disiplin yang dipaksakan agar bawahan mematuhi peraturan-peraturan
MENDISIPLINKAN BAWAHAN
•
Pahami
peraturan dan kebijakan perusahaan
•
Instruksi
harus jelas dan mudah dipahami
•
Memberikan
training jika terjadi perubahan peraturan atau kebijakan
•
Selesaikanlah
masalah sesegera mungkin
•
Peka
dan memberi atensi pada persoalan diantara bawahan
•
Melaksanakan
disiplin secara konsisten dan tidak memihak
•
Mencatat
informasi, pernyataan dan pendapat sebagai bahan untuk penyelidikan dan membuat
keputusan
•
Tidak
boleh mendendam
JEBAKAN YANG PERLU DIPERHATIKAN
•
Pegawai
akan marah, jika supervisornya gagal mendisiplinkan pegawai yang dirasa nakal
•
Jangan
sekali kali menjatuhkan tindak disiplin apabila anda sedang marah atau gusar
•
Jangan
mendengarkan omongan orang lain untuk menangani suatu masalah
•
Beri
peringatan sewajarnya kepada pegawai yang bersangkutan agar tidak mendatangkan
kesulitan
•
Hukuman
harus dilaksanakan apabila peringatan tidak diindahkan
HIRARKI PENDISIPLINAN KOREKTIF
•
Peringatan
lisan (oral reprimand)
•
Peringatan
tertulis (pertama, kedua dan terakhir)
•
Schorsing
(pemberhentian sementara/ suspension) tanpa gaji
•
Pemutusan
hubungan kerja (termination)
PEDOMAN WAWANCARA PENDISIPLINAN
•
Mengemukakan
fakta, dan berbicara langsung ke pokok persoalan
•
Menyelidiki
penyebab kesalahan, penyimpangan atau tindakan indisipliner
•
Adil,
tidak mudah terpengaruh, jaga stabilitas emosi
•
Hindari
debat tentang siapa yang benar, tetapi cari apa yang benar, dan bagaimana
pekerjaan seharusnya dilaksanakan
•
Jadilah
pendengar yang baik, arif dan bijaksana
PEDOMAN WAWANCARA PENDISIPLINAN
•
Menggunakan
kata-kata yang dimengerti bawahan (tentang keputusan anda, tindakan yang
diharapkan, waktu untuk mengubah perilakunya)
•
Mengakhiri
wawancara dengan perasaan senang dan tanamkan rasa percaya diri bawahan, beri
kesempatan bertanya dan katakan anda siap membantu
•
Ikuti
perkembangan dan perubahan perilaku bawahan (untuk memberi Feedback tentang
kemajuannya atau mengambil langkah tegas dalam proses disiplin kerja)
PENDOKUMENTASIAN
•
Sebagai
bukti tertulis atau written proof untuk digunakan dalam proses
selanjutnya, jika perilaku bawahan tidak membaik
•
Merupakan
bantuan dalam proses menjernihkan masalah, jika dalam memperbaiki perilaku
muncul perbedaan persepsi
0 komentar:
Posting Komentar